Ini adalah wajah lain dari ibukota Jakarta. Biasanya yang tergambar adalah kemegahan gedung-gedung bertingkat serta pusat perbelanjaan yang mewah. Namun, pemukiman penduduk yang rapat, padat, tidak berjarak dan jauh dari kesan mewah masih banyak tersebar di seluruh penjuru ibu kota.

Seperti halnya yang tampak di foto ini. Tim vaksinasi membuka sentra vaksin di gang Marlina, Penjaringan Jakarta Utara. Tidak ada bangunan besar serupa hall atau bahkan lapangan kosong untuk tempat kegiatan vaksinasi. Petugas akhirnya memutuskan untuk melakukan vaksinasi di gang sempit yang padat penduduk.

Tempat seperti ini jarang tersentuh oleh informasi. Banyak dari penduduk yang belum paham seutuhnya akan pentingnya vaksin demi melawan pandemi covid-19. Petugas harus meyakinkan mereka bahwa vaksin ini sangat penting demi kesehatan bersama. Bahkan tim vaksinasi juga menyediakan minyak goreng sebagai penarik penduduk supaya mau untuk divaksin.

Di tempat ini, petugas vaksin yang sedang memeriksa kondisi kesehatan penduduk seringkali harus mengalah dengan pemakai jalan yang lalu-lalang. Begitulah lika-liku dan pengalaman vaksinator.

Lokasi : Gang Marlina, Kel.Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara